“We tend to forget that happiness doesn’t come as a result of getting something we don’t have, but rather of recognizing and appreciating what we do have.” (Frederick Keonig)

SEASON 5 dari aktivitas FishFun diawali oleh team yang bernama “Make Their Day” disingkat MTD. Banyak kreasi mereka, dan banyak juga ide gemilang untuk melihatkan seluruh karyawan CHR untuk melakukan sesuatu, untuk menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan. Dan untuk itu banyak sekali kejutan yang muncul, dari orang yang sering tidak kita duga.

Apa yang mereka lakukan? Setidaknya beberapa rekaman peristiwa berikut ini bisa memberikan gambaran.

Perlu diberi kesempatan

Dalam tim, kita terpanggil untuk peran yang berbeda-beda, ada atasan ada bawahan. Ada direktur ada staf pantry, ada manager ada staf administrasi, dan lain-lain. Siapa yang lebih penting diantara anggota group ini?

Jawaban sederhana, saat semua staf pantry tidak masuk bersamaan seminggu, lihat apa yang terjadi. Ini contoh ekstrim, tapi yang ingin disampaikan adalah semua punya peran masing-masing.

Pernakah mendengarkan apa yang ada dalam pikiran mereka, atau bahkan di lubuk hati mereka yang paling dalam? Beberapa dari staf pantry kami minta untuk menciptakan quote inspirasi versi mereka. Jadilah seperti ini:

Kebebasan Berekspresi1 Kebebasan Berekspresi2

 

Happy Day and Poetry Day

Merayakan International Day of Happiness 20 Maret 2017, tim tidak lupa untuk mengedepankan sesuatu yang akan terus dikenang. Mereka membuat kompilasi video dan foto yang menggambarkan kebahagiaan yang terpampang di wajah tim CHR sejauh ini. Tim pun menyaksikan dengan gelak ketawa penuh sukacita, karena sangat familier dengan momen di mana foto atau video itu dibuat.

Peringatan ini dijdikan satu dengan Hari Puisi Sedunia (World Poetry Day) yang jatuh pada 21 Maret.

Dalam pertemuan pagi ini, tim sengaja meminta setiap kelompok untuk menciptakan puisi untuk mengungkapkan suasana seperti yang nampak pada gambar yang dibagi. Ternyata gambar itu adalah kompilasi foto-foto tim CHR dalam berbagai aktivitas. Mereka harus bekerja dalam kelompok. Foto berikut adalah suasana saat membuat puisi dan saat membacakan puisi ciptaan mereka.

Kesempatan Berekspresi_3

Dan hasilnya adalah keempat puisi berikut ini. Apakah sudah memenuhi kaidah sebuah puisi yang baik ? Entalah!

Paling tidak itu adalah ekspresi paling spontan yang didapat. Bahkan ada satu tim yang lupa memberikan judul puisi itu. Tapi yang terpenting adalah kebersamaan dalam menerima tantangan untuk menciptakan sesuatu yang bukan merupakan wilayah ekspertis mereka.

Kesempatan Berekspresi_4 Kesempatan Berekspresi_5

Learning Points dan Perjalanan Berlanjut

Sambil melakukan proses serah terima, tim juga tidak lupa mempersiapkan beberapa butir pembelajaran dari pengalaman selama tiga bulan.

  • Keceriaan, kegembiraan, dan kebahagiaan tidak selalu harus ditunggu dan dinanti.

  • Keceriaan, kegembiraan, dan kebahagiaan bisa dibuat, diciptakan, dan dibagi bersama.

  • FISH menjadi sarana yang efektif untuk menciptakan keceriaan, kegembiraan, dan kebahagiaan di tempat kerja.

  • MAKE THEIR DAY INTO A HAPPY DAY.

Serah terima tugas hari itu kepada tim Be There 1. Mereka akan terus melakukan eksplorasi, sampai di mana tingkat kreativitas teman-teman. Masih adakah sumber kreativitas yang belum digali? Kita menanti karya mereka, dan perjalanan FishFun ini kita lanjutkan, sejalan dengan tuntutan karya yang semakin beragam dan menantang.

“It isn’t what you have, or who you are, or where you are, or what you are doing that makes you happy or unhappy. It is what you think about.” (Dale Carnegie)

Catatan: Karena kami sendiri dalam perjalanan liburan, maka tidak akan ada postingan di hari Jum’at (14 April 2017), Selasa (18 April 2017), Jum’at (21 April 2017) dan Selasa (25 April 2017). Postingan baru akan hadir kembali di blog pada hari Jum’at (28 April 2017).

Sementara itu, postingan quotes inspiratif tidak akan hadir di Twitter, FB dan LinkedIn sejak Kamis (13 April 2017 s/d Senin 24 April 2017). Quotes inspiratif akan hadir kembali pada Selasa (25 April 2017).

 

-Josef Bataona

Sumber: Blog http://www.josefbataona.com