“Improvement is impossible without change.” (John C. Maxwell)

GELAR ACARA TAHUNAN, Indofood HR Workshop 2017 dimaksudkan untuk terus melakukan konsolidasi Tim HR di berbagai divisi seluruh Indonesia. Kesempatan seperti ini sangat dibutuhkan mengingat komunikasi antar kami lebih banyak dengan sarana komunikasi jarak jauh yang ada, walau kesempatan tatap muka juga dilakukan sesuai kebutuhan.

Musik dengan irama ceria mengiringi Tarian Uka Ukaka, tarian khas Minahasa untuk menyambut semua peserta yang berdatangan ke Manado, dari seluruh penjuru Indonesia. Dilanjutkan dengan pemukulan tetengkoren tanda acara resmi dimulai, disaksikan semua pimpinan perusahaan di Manado/Bitung.

23 Mei 2017_Change Starts with Me1

Change is Inevitable

Perubahan di luar sana sangat cepat terjadi, baik yang berhubungan dengan tuntutan konsumen akan produk dan service, atau yang berkaitan dengan cara kerja. Belum lagi kalau kita masukkan elemen kehadiran talent dari berbagai generasi dan latar-belakang serta demand mereka yang juga beragam.

Berapa sering kita harus memikirkan perubahan itu? Sudah banyak diskusi dan pekerjaan yang berkaitan dengan perubahan, sudah cukupkah itu?

Tidak! Perubahan terjadi sangat cepat, dan dengan intensitas yang beragam. Karena itu, senantiasa siap sedia menghadapi perubahan itu, adalah perilaku yang bijak. Karena itu, tema pertemuan kami kali ini adalah: “Change Starts with ME”

Foto berikutnya adalah tim HR yang sedang saling belajar.

23 Mei 2017_Change Starts with Me2

“ME” bisa berarti saya sendiri, atau unitku, atau divisiku, atau komunitasku. Intinya adalah kita tidak boleh hanya menunggu, karena selalu ada yang bisa dikerjakan, within our circle of influence.

Saling Belajar

Di antara program yang dirancang, termasuk juga sharing dari divisi yang mempunyai program unik. Dimulai dengan contoh bagaimana business menanggapi berbagai perubahan dari luar, secara cepat dan tanggap, seperti kata-kata bijak berikut ini:

“The world is changing very fast. Big will not beat small anymore; It will be the fast beating the slow.” (Rupert Murdoch)

Sementara itu rekan-rekan HR dari Divisi pun membagi pengalaman mereka merancang program unik sejalan dengan tuntutan bisnis di tempat masing-masing.

Adapun tujuan utama internal sharing ini agar:

  1. Budaya sharing terus dibangun untuk pembelajaran, tanpa harus menunggu pertemuan rutin seperti ini.

  2. Sharing membuka mata kita tentang praktek tertentu yang dilakukan oleh rekan di divisi lain, yang bisa menginspirasi kita untuk berbuat yang sama atau serupa

  3. Memperkuat hasrat belajar dan berbagi antar kita, karena potensi ilmu yang dipunyai secara kolektif besar sekali.

23 Mei 2017_Change Starts with Me3

External Perspective

Sementara itu pembicara eksternal dari Prasetya Mulya, memberikan fokus pada “Change & Creativity: How do I Find Change ideas?”. Tips sederhana tentang mengenali mental block dan bagaimana menyingkirkannya. Latihan-latihan ringan mengenali kerja otak kanan (create choices) dan otak kiri (make choices) dalam proses inovasi, dan tentu saja contoh-contoh ide kreatif sepanjang sejarah business. Semua itu bukan teori, tapi pengetahuan praktis termasuk teknik untuk memicu kreatifitas yang bisa dibawa pulang dan diimplementasi di lingkungan kerja masing-masing.

“Change Starts with Me” juga menjadi sarana untuk saling mengingatkan, bahwa perubahan sedang terjadi dan berjalan cepat, jadi harus keluar dari confort zone dan mengambil inisiatif untuk berbuat secara proaktif.

Kitorang Samua Basudara

Kehadiran kami semua di Manado bukan dilihat dari jumlah peserta yang bisa hadir, tapi berapa solid kami bisa bersatu dalam melangkah sebagai satu tim HR dari seluruh perusahaan. Learning Department kami dengan cermat merancang program menuju puncak melalui “Change Color Games”. Berbagai skenario diciptakan untuk memberikan nuansa perubahan yang berubah sangat cepat, bahkan tak ada waktu untuk berada berlama-lama dalam comfort zone.

23 Mei 2017_Change Starts with Me4

Game ini membawa kami ke akhir acara formal, di mana semua membuat komitmen untuk follow-up, dengan janji untuk saling membantu, demi sukses bersama.

23 Mei 2017_Change Starts with Me5

Di Manado, kami juga belajar dari masyarakat sekitarnya, nilai leluhur yang juga hadir dalam bentuk lagu ‘TORANG SAMUA BASUDARA’, ciptaan Rama Aiphama. Saya kutip hanya sepenggal:

Suda so dari dulu

kitorang memang baku sayang

Opa deng oma so kase contoh

sampe tua baku sayang.

Kitorang samua basudaraaaa

Kami keluarga besar Human Resources Indofood juga berkomitmen: Kitorang Samua Basudara!

“Getting good players is easy. Getting them to play together is the hard part.” (Casey Stengel)

 

-Josef Bataona

Sumber: Blog http://www.josefbataona.com